Sabtu, 11 Februari 2017

Contoh Analisis Organisasi Enigma FKIP UNLAM





Artikel kelompok 5
Kelompok :                     Ahmad                       (A1A414222)                                  
Anita Amylia             (A1A414211)
Hery Saputra             (A1A414216)
Risda Shapiya            (A1A414212)
Sariwati                      (A1A414048)
Sefti Andila                (A1A414091)


Mata Kuliah               : Sosiologi Organisasi
Dosen                          : Dimas Asto Aji An’amta S. Pd, M.A
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNLAM Banjarmasin

TEATER ENIGMA

A.    Sejarah Organisasi
Arti Enigma dalam bahasa Inggris adalah teka-teki, namun dalam bahasa umumnya berarti misteri. Enigma benaung dibawah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN atau lebih dikenal dengan ESA (English Student Assosiation). Enigma sebenarnya sudah lama terbentuk mulai dari tahun 2009 yang salah satu pelopornya atau anggotanya yang bernama Lukman, itupun hanya isu. Setelah sekian lama tidak terurus akhirnya ada salah satu anggota ESA dalam bidang seni yang ingin mengangkat lagi Teater Enigma ini yang bernama Muhammad Irfan Muliana. Irfan berkeinginan meghidupkan lagi Teater Enigma yang telah lama fakum.
Irfan mempelajari dari berbagai macam sumber dan tempat yang ia temui hanya untuk mempelajari ilmu teater. Sampai pada akhirnya terbentuklah Teater Enigma pada tanggal 14 Januari tahun 2015. Teater Enigma baru satu tahun namun sudah memiliki anggota sekitar 40 orang yang aktif dari tiga angkatan program studi pendidikan Bahasa Inggris mulai dari angkatan 2014, 2015 dan 2016.
B.     Bidang Organisasi
Bidang organisasi Teater Enigma adalah pada bidang seni namun lebih khusus ke Teaternya saja. Hal ini dikarenakan di dalam HIMA ESA sudah dibagi bagian seni lainnya misalnya musik dan yang lainnya. Namun hanya bagian seni teaternya saja yang memiliki nama khusus yaitu Teater Enigma.

C.    Visi dan Misi
Visi dan Misi Teater Enigma mengikuti Visi dan misi dari ESA dikerenakan Teater Enigma berada dibawah naungan dari ESA itu sendiri. Visi dan Misinya yaitu sebagai berikut:

1.      Visi
Menjadikan ESA sebagai wadah kreativitas yang bergerak aktif dan dinamis secara internal maupun eksternal, serta menjunjung tinggi ikatan kekeluargaan dilingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga terwujudnya kehidupan mahasiswa yang berbahasa dan berbudaya.

2.      Misi
a.       Melaksanakan kegiatan yang membangun hubungan baik antar tricivitas akademika.
b.      Menjadikan ESA sebagai wadah aspirasi dan bersosialisasi serta berbagi antar mahasiswa(i) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
c.       Memfasilitasi minat dan bakat, pembinaan soft skill dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Selain visi dan misi Teater Enigma memiliki semboyan yaitu Rawasawa yang juga dijadikan mereka sebagai pondasinya. Menurut Teater Enigma Rawasawa berati Bangga.

D.    Lambang Teater Enigma
1.      Segitiga biru berarti Teater Enigma masih di kawasan ESA (English Student Assosiation) dan berarti pula bahwa mereka adalah satu kesatuan yang saling terikat.
2.      Warna merah dilogo TE (Teater Enigma) menandakan anggota Teater Enigma berani dalam berkarya dan warna kuning dilogo TE (Teater Enigma) menandakan kesakralan.
3.      Font huruf TE yang meliuk-liuk menandakan bahwa itu adalah seni.
4.      Simbol titik-titik dilogo menandakan semua anggota Enigma berkompeten.
5.      Simbol bunga dilogo menandakan suatu estetika atau keindahan di dalam organisai Enigma Theater.
6.      Simbol titik dan bunga masing-masing berjumlah tujuh, karena angka tujuh menyimbolkan kemisterian (Enigma)

E.     Pemilihan Ketua Umum Teater Enigma
Pemilihan Ketua umum Teater Enigma sebenarnya kurang diketahui seperti apa bentuknya diwaktu tahun 2009 dikarenakan sudah begitu lama fakum. Namun keinginan Irfan yang begitu kuat untuk menghidupkan lagi Teater Enigma ini maka dengan sendirinya langsung dipilih bahwa Muhammad Irfan Muliana lah yang langsung menjadi Ketua Umumnya secara fleksibel. Namun untuk yang selanjutnya kata Irfan, pemilihan ketua umum akan dilakukan melalui musyawarah tahunan yang didalamnya seperti biasa yaitu ada pembahasan rowndown acara, tata tertib, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

F.     Struktur Organisasi
Struktur dalam organisasi Teater Enigma hampir sama dengan organisasi lainnya yaitu sebagai berikut:
1.      Ketua Umum
Ketua Umum Teater Enigma periode 2016/2017 adalah Novi S. Sabrina. Ketua umum bertugas memimpin, mengkoordinir, dan mengatur semua bidang dan divisi yang dibawahinya. Ketua umum bertanggung jawab mulai dari kinerja periodenya pada saat terpilih.
2.      Wakil Ketua Umum
Wakil ketua umum Teater Enigma adalah Nizhar Helmi Tasaufi. Wakil Ketua umum Teater Enigma bertugas untuk membantu ketua umum dalam menjalankan tugasnya. Jika ketua umum sedang berhalangan maka tugas wakil ketua umum untuk menggantikannya.

3.      Sekretaris Umum
Sekretaris Umum Teater Enigma adalah Lathifah Nafarina. Sekretaris umum Teater Enigma bertugas dibidang persiapan, surat-menyurat, dan tugas sekretaris pada umumnya.
4.      Bendahara Umum
Bendahara Umum Teater Enigma adalah Nadiya Aulia R. Bendahara umum Teater Enigma bertugas untuk mencatat dan mengatur arus dana dan kas Enigma Teater.
5.      Bidang Pertunjukkan
Ketua Bidang Pertunjukkan Teater Enigma adalah M. Ferdy Y. Tugas Bidang Pertunjukkan adalah mengatur dan memanage semua pentas dan pertunjukkan Enigma, mengkoordinir pentas apa, kapan, dan apa yang mau ditampilkan. Ketua Bidang Pertunjukkan dibantu divisi-divisi dibawahnya. Yaitu :



a.       Divisi Puisi
Ketua Divisi Puisi Teater Enigma adalah Ayu Try Surya Ningsih. Divisi Puisi Teater Enigma yaitu divisi yang berhubungan dengan pertunjukkan puisi.
b.      Divisi sastra
Ketua Divisi Sastra Teater Enigma adalah Haitami Rezeky. Divisi sastra yaitu divisi yang bergerak di bidang kesastraan, divisi ini juga bergerak sebagai bank naskah dan memberikan rekomendasi naskah untuk pertunjukkan.
c.       Divisi Musik
Ketua devisi musik Teater Enigma adalah Nurhikmatul Jannah. Divisi musik bertugas untuk mengatur musik didalam suatu pertunjukan teater.
6.      Bidang Manajemen Latihan
Ketua bidang Manajemen Latihan Teater Enigma adalah Nadilla Ariyani. Tugas Bidang Manajemen Latihan adalah untuk mengatur menu latihan anggota, mengatur jadwal pertemuan, latihan rutin, dll
7.      Bidang Perlengkapan dan Rumah tangga
Ketua Bidang Perlengkapan dan Rumah Tangga adalah M. Nuruldluha. Tugas Bidang perlengkapan dan Rumah Tangga Teater Enigma adalah untuk mengatur perlengkapan dan kelengkapan-kelengkapan Enigma lainnya.
8.      Bidang Kaderisasi
Ketua Bidang Kaderisasi Teater Enigma adalah Reina Mutiara A. Bidang Kaderisasi bertugas untuk mengatur dan memantau kinerja pengurus anggota Teater Enigma dan membantu dalam menyelesaikan masalah baik secara internal maupun eksternal.

G.    Prestasi yang Sudah Dicapai
Prestasi yang pernah dicapai Teater Enigma karena baru menginjak satu tahun belum banyak prestasi yang mereka capai. Namun ada dua prestasi yang cukup memuaskan bagi mereka dalam kurun waktu hanya satu tahun yang pertama adalah juara 3 porseni FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN dalam bidang teater dan mendapat salah satu gelar aktris terbaik.






Jangan biarkan diri anda plagiat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar