Jumat, 10 Februari 2017

Membuat program kegiatan didasari dengan pendidikan multikultural. FKIP UNLAM



Nama : AHMAD
Nim : A1A414222
Mata Kuliah : Pendidikan Multikultural
 Universitas Lambung Mangkurat
Tema :
Event Competition  Memperebutkan Juara Tari Tradisional Tingkat SMP se-Kabupaten (Kalimantan Selatan)
Membuat program kegiatan didasari dengan pendidikan multikultural yang di tanamkan.
Tujuan :
Untuk meningkatkan naluri berbudaya masyarakat pada saat ini yang mulai pudar, maka dengan mengadakan event competition ini bertujuan agar peserta maupun masyarakat mendapatkan sebuah pengetahuan, sekaligus sarana untuk mengetahui tentang budaya tentunya sarana pengetahuan, khususnya tarian-tarian dari berbagai daerah yang di ikuti siswa-siswi. Dengan adanya event competition ini diselenggarakan agar lebih menambah keterampilan siswa-siswi SMP se-Kabupaten, event competitian ini diadakan dalam rangka untuk memberikan sikap peduli, pengetahuan, dan pemahaman tentang tarian serta budaya baik itu budaya di dalam Kalimantan ataupun di luar Kalimantan. Seyogyanya untuk meningkatkan keterampilan para siswa dalam kehidupan ataupun prestasi akademik. Acara ini dilaksanakan sengaja di tempat terbuka, agar masyarakat dapat menonton dan melihat untuk juga menambah wawasan masyarakat tentang tarian budaya. Menambah pengetahuan masyarakat dalam kebudayaan itu sangatlah penting, berhubungkan dalam masyarakat minimnya akan pendidikan, semula hal ini pada saat jaman dahulu memang kurang bermanfaat mengingat akan tarian ini cuma sekedar persembahan untuk kebutuhan masyarakat, namun sekarang sangatlah berbeda terkait berkurangnya kebudayaan, maka dari itu dengan mengadakan event competition ini akan menimbulkan kembali semangat berbudaya masyarakat untuk melestarikan budaya yang sudah tenggelam. Tak hanya itu event competition ini juga secara tidak langsung akan menambah komunikasi dalam masyarakat setelah melihat ini, yang setelahnya akan menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama umat manusia, sehubungan itu pula akan menambah erat tali persatuan dalam bermasyarakat dan berbangsa. Khususnya yang menyasikan penampilan  dalam event competition ini tertuju untuk masyarakat Kalimantan selatan.
Langkah langkah :
Pertama-tama siswa-siswi diharuskan berkumpul untuk mendengarkan serta pemahami syarat dan ketentuan event competition yang akan dilaksanakan, sehingga siswa dapat melakukan penampilan dengan sepenuhnya tanpa adanya arahan kembali. Yang kedua, sebelum berlangsungnya acara tim/creaw/panitia memberikan arahan serta pengetahuan pentingnya akan keterampilan dan melestarikan budaya, mengingat kurangnya keterampilan serta karakter berbudaya siswa-siswi pada pada jaman sekarang ini, agar siswa senantiasa melestarikan kebuayaannya masing-masing tentunya untuk daerahnya sendiri. Selanjutnya, siswa-siswi diarahkan untuk mengambil nomor urut untuk penampilan tim atau groupnya agar mereka dapat mempersiapkan diri sesuai nomor urut yang dimilikinya, sehingga sesuai dengan urutan tersebut penampilan para siswa-siswi tidak akan menjadi rancu dan akan dapat terkendali dengan baik. Selanjutnya, siswa-siswi akan menampilkan tarian-tarian yang akan dibawakannya serta, mereka lanjutkan dengan menceritakan sejarah-sejarah atau asal usul tarian yang dibawakan mereka tersebut. Dan terakhir para dewan juri akan memberikan penilaian siapa yang akan menerima juara pada event competition tersebut, tentunya dengan syarat penilaian dewan juri sebagai berikut
Dengan kategori sebagai berikut :
·         Menguasai minimal 5 tarian tradisional
·         Raut wajah atau mimic sesuai dengan tarian
·         Mengetahui sejarah atau asal usul tarian yang di tampilkan
·         Gerakan yang sempurna
·         Menggunakan pakaian adat tradisional
·         Kesempurnaan posisi dan strategi tarian
Output/ Hasil:
            Event competition perebutan juara tari tradisional tingkat SMP se-Kabupaten yang tentunya, untuk menambah pengetahuan siswa-siswi dan masyarakat agar dapat menghargai budaya daerah lain. Dengan adanya ajang ini sebagai cara agar masyarakat dapat menerima serta, mehargai budaya-budaya lain demi menjadikan hubungan antar suku lebih baik. Event competition ini sebagai sarana pula untuk, memperkenalkan kepada masyarakat tarian-tarian daerah sebagai bukti, bahwa budaya itu hidup didalam masyarakat secara turun temurun. Setelah selesai terlaksananya event competition ini, memungkinkan menambah minat masyarakat dalam melestarikan budaya daerah, sekaligus menambah kepedulian masyarakat untuk mempertahankan budaya, serta bidang akademik untuk menambahkan mata pelajaran pendidikan multikultural disekolah, sehingga akan menambah siswa-siswi terampil dan menjadi karakter manusia yang berbudaya, serta untuk meningkatkan mutu dan kualitas siswa-siswi. Karna kita tahu manusia itu adalah simbiosis mutualisme yang dapat menjadikan keterampilan siswa untuk saling menguntungkan dari berbagai pihak peduli akan budaya daerah.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar